• Home
  • >
  • Program Studi Sarjana Terapan D4 Pengelolaan Perhotelan

Program Studi Sarjana Terapan D4 Pengelolaan Perhotelan

 

 

 

Pengelolaan Perhotelan
Visi Misi
Profil Lulusan
Sertifikat Akreditasi
CPL Prodi
Kurikulum

Program Studi DIV Manajemen Perhotelan Politeknik Negeri Balikpapan memiliki keunggulan sebagai lembaga pendidikan vokasi yang berfokus menyediakan tenaga kerja terampil bidang perhotelan. Kemasan kurikulum bidang manajemen perhotelan diperkuat dengan penguatan core program studi yang meliputi penguatan kewirausahaan, digital, dan pengelolaan akomodasi berbasis lokal dan budaya. Selain itu, penerapan model job training selama dua semester di industri perhotelan juga merupakan keunggulan program studi. Model job training industri dua semester ini memuat job training untuk penguatan jenis pekerjaan operasional perhotelan (job training pertama) dan penguatan jenis pekerjaan manajerial perhotelan (job training kedua). Implementasi kegiatan belajar berbasis pengalaman nyata dalam bentuk praktikum dan teaching industry akan memperkuat profil lulusan Prodi DIV Manajemen Perhotelan di Politeknik Negeri Balikpapan.

Penyelanggaraan program job training akan difokuskan kepada Hospitality Management Studies berstandar Internasional dan mata kuliah kurikulum lokal. Sistem ini memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk mempraktekan kemampuannya di dunia perhotelan, kapal pesiar dan jasa pariwisata lainnya selama dua semester. Program kerja lapangan ini memiliki aspek positif lain yaitu merupakan titik awal untuk meniti karir dalam dunia pariwisata, di samping itu, pengalaman yang diperoleh selama praktek kerja lapangan merupakan modal bagi lulusan mahasiswa untuk mengembangkan pengetahuan dan pengalaman pada tingkat supervisi dan manajerial.

Aspek keunggulan lain yaitu mahasiswa dibekali dengan mata kuliah Human Character & Behaviour yang meletakan dasar kepribadian dan karakter yang baik serta program entrepreneurship yang memberikan pemahaman dan pengetahuan bagi mahasiswa untuk dapat membangun dan mengembangkan dunia usahanya sendiri dalam industri pariwisata. Sehingga lulusan program studi perhotelan diharapkan dapat bekerja di industri pariwisata, pemerintahan (Dinas Pariwisata) maupun membina usaha sendiri, menjadi entrepreneur sesuai dengan bidang dan kompetensinya serta dapat melanjutkan pendidikan ke jenjang lebih tinggi.

Visi Misi Program Studi D4 Pengelolaan Perhotelan

Visi

  • Menjadi program studi unggul yang menghasilkan lulusan di bidang Pengelolaan Perhotelan yang berkarakter, unggul dan memiliki daya saing global dengan memperhatikan perkembangan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (IPTEK) dan tuntutan global yang akan dicapai pada tahun 2040.

Misi

  • Menyelenggarakan pendidikan bidang vokasi pengelolaan perhotelan yang berkualitas untuk menghasilkan lulusan yang berdaya saing;
  • Menyelenggarakan penelitian bertaraf internasional pada bidang keilmuan dan teknologi terapan bidang pariwisata dan perhotelan;
  • Menyelenggarakan kegiatan pengabdian kepada masyarakat yang berlandaskan pada penerapan keilmuan dan teknologi bidang pariwisata dan perhotelan;
  • Menyelenggarakan tata kelola yang inovatif, transparan, dan akuntabel di dukung oleh sumber-sumber daya yang bertaraf internasional
  • Memberdayakan potensi dan sumber daya Program Studi D4 Pengelolaan Perhotelan dalam rangka mendukung kegiatan tridharma perguruan tinggi yang berkualitas.

Lulusan Program Studi DIV Manajemen Perhotelan Politeknik Negeri Balikpapan diharapkan dapat menekuni profesi pada industri HOREKA (Hotel, Restoran, Katering) ataupun wirausahawan. Posisi yang bisa ditempati lulusan  antara lain: Front Office Manager, Executif Housekeeper, Food and Beverages Outlet Manager, Chef De Party, Laundry Manager, Assistant Human Resources Manager, Assistant Financial and Accounting Manager, Assistant Marketing Manager, Asisten Manajer Revenue, dan Akademisi/Instruktur Laboratorium. Lulusan Program Studi DIV Manajemen Perhotelan diharapkan mampu mengelola operasional dan manajerial perhotelan yang mencakup bagian Food and Beverage Services, Food Production, Front Office, dan Housekeeping. Selain itu, para lulusan diharapkan mampu menjadi wirausahawan yang handal dalam menciptakan lapangan pekerjaan dibidang pelayanan dan pengelolaan perhotelan yang kini dan kedepan semakin dibutuhkan, seiring meningkatnya pertumbuhan pada sector perhotelan maupun pelayanan jasa wisata di industri pariwisata.